Mistik Dalam Islam | Belati Indonesia

Halo gan balik lagi nih ke mistik, tapi ini menurut islam
terserah mau coment apa tapi yg bener no 18++ :D


Meskipun  kata mistik tidak “Muwakil” bagi islami, akan tetapi penggunaan kata mistik sudah lazim digunakan untuk menunjukan satu segi dalam islam terhadap masalah ghaib. Ada beberapa pertanyaan yang harus disikapi oleh para pemimpin agama kita (Islam).
     1.       Mengapa masyarakat awam banyak yang tertipu dan tertarik pada ajaran – ajaran kebatinan ?
Sehingga mereka meninggalkan ajaran –ajaran islam walaupun mengaku beragama islam.
    2.       Tertariknya orang – orang intelektual kepada aliran –aliran kebatinan dengan alasan bahwa agama yang dianut belum memenuhi kebahagiaan rohani mereka.
Dari pertanyaan diatas dapat disimpulkan, karena sedikitnya penerangan tentang ajaran tasawuf terhadap masyarakat bahkan dapat dikatakan tidak ada daya kemauan para pemimpin agama untuk penerangan tasawuf jika dibanding dengan penerangan tentang hukum – hukum syariat (Fiqih).

                Ajaran kebatinan yang dimaksud diatas, bukan merupakan cabang dari suatu agama, hanya kadang – kadang kegiatannya dan sebagian ajarannya mengambil alih dari suatu agama disamping itu juga tidak mewajibkan penganutnya menjalankan syariat agama, hanya mengakui tuhan Yang Maha Esa.

                Tasawuf adalah merupakan pengetahuan tentang batin didalam islam, yang merupakan cabang dari agama islam, oleh karenanya bersumber dari pada ajaran islam tersebut. Tasawuf adalah suatu ilmu yang beraturan, dengan hukum – hukum yang pasti dan petunjuk pelaksanaannya yang terinci. Sebagaimana dengan ilmu – ilmu yang lain. Tasawuf juga bertumpu pada pengalaman – pengalaman inderawi yang dapat dimaujudkan kembali dalam keadaan – keadaan tertentu. Dalam perjalanan spiritualnya setiap orang yang menempuh jalan menuju kesempurnaan jiwa (Salik), melewati peringkat – peringkat tertentu yang dapat dikenali lewat beberapa rinci pemberian, yang sama diberikan oleh semua guru spiritual (Mursyid). Petunjuk – petunjuk dan segala jebakan dilukiskan dengan sempurna sebagai disiplin ilmu, tasawuf juga memilih metode – metode untuk menguji kemajuan dan manfaat yang telah dicapai oleh murid. Sama halnya dengan disiplin ilmu lain, dalam tasawufpun kita jumpai beberapa jenis peringkat, sehingga murid paling awampun mampu mengembangkan citra ”ihsan”. (sebagamana sabda Nabi SAW : “ beribadahlah kepada Allah seakan – akan kau melihat-Nya, dan bila kau tidak melihat-Nya, Ia tetap melihatmu”). Bagi kebanyakan murid, kecuali salik yang lebih cahaya Tuhan hanyalah hipotesis murni. Pengalaman didalam spiritual tasawuf inilah yang mampu menjadikan Tuhan nyata dalam wujud dan kehadiran-Nya. Juga menimbulkan akan kesinambungan kehidupan sesudah mati.
                Mereka inilah pemancar “Nur” keyakinan sejati dan juga penyingkir ketakutan akan kematian sehingga kita yang awam ini mampu menghayati kehidupan ini dengan mudah.
                Para mursyid (Guru spiritual) ini telah mencapai derajat keyakinan yang tinggi tentang ke-Esa-an dan kemaujudan Allah, berkat senantiasa bermunajat kepada-Nya. Dan karena-Nya mereka benar – benar menjadi pewaris Nabi yang mana terpancar oleh Nur Muhammad. (Sebagaimana sabda Nabi SAW : “Ulama pengikutku setara dengan para Nabi Bani Israil”) atau sabdanya “Ulama adalah ahli waris para Nabi”.
                Aturan itu dikukuhkan oleh ayat suci Al-Qur’an yang menandakan ketiadaan dan memang tak perlu ada Nabi sesudah Nabi Muhammad SAW,  karenanya mesti ada Nur spiritual senantiasa mencerahkan keyakinan dan ke-Esa-an Allah, kebenaran Al-Qur’an dan melestarikan sunnah Nabi. Tanpa mereka mungkin segala keyakinan terhadap hal –hal yang mendasar ini akan berubah menjadi kepalsuan semata, yang hampa kekuatan spiritual yang dapat mengarahkan tata pikir dan kata tindak manusia. Nasib semacam inilah yang menimpa semua agama selain islam, yang kendatipun sering diperalat oleh para penguasa politik pada zaman tertentu, namun kekayaan tradisi spiritualnya terlestarikan ditangan para ulama sufi.
Wallahu A’lam. 

sekian postingan kali ini tentang mistik lain kali admin akan posting lagi semoga bermanfaat.

Thanks to Visitor
By ADMIN

Comments

Popular posts from this blog

Download Trainz Simulator 2009 + SerialNumber | Komunitas Belati Indonesia

Cara Re-Skin Trainz Simulator 2009 Indonesia | Komunitas Belati Indonesia

Microsoft Word.apk for android